Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

Temukan GPS Otak, Raih Nobel Kedokteran


STOCKHOLM - Ilmuwan keturunan Amerika-Inggris John O’Keefe, serta ilmuwan suami-istri asal Norwegia Edvard Moser dan Mei-Britt Moser dinobatkan sebagai penerima nobel bidang kesehatan/kedokteran 2014.
Keduanya menemukan ‘inner GPS’ otak, yang bermanfaat membantu tenaga kesehatan dalam mendeteksi dan mengobati penyakit otak seperti Alzheimer. Atas penemuan tersebut, keduanya mendapatkan US$1,1 juta.
“Penemuan ini telah mengatasi masalah yang dihadapi sektor kesehatan kita selama berabad-abad terakhir,” ungkap pernyataan Nobel Assembly yang dipublikasikan pascapengumuman peraih nobel di Stockholm, Senin (6/10).
Dengan ‘inner GPS’ tersebut, otak akan mampu menciptakan petanya sendiri untuk menavigasi kompleksnya setiap bagian otak. Dengan demikian, penemuan ini akan mampu menekan jumlah penderita Alzheimer.
Adapun, O’Keefe merupakan direktur Sainsbury Wellcome Center pada Neural Circuits and Behavior, University College London. Adapun May dan Brit Moser merupakan ilmuwan Norwegian town of Trondheim.
Satu per satu penerima nobel akan diumumkan hingga 10 Oktober 2014. (rtr) Foto: REUTERS / Suzanne Plunkett.

Sumber : Sumeks
Terima kasih telah membaca artikel tentang Temukan GPS Otak, Raih Nobel Kedokteran di blog Kabar Berita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com