Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

Kisah Bocah Tanpa Wajah dari Maroko

 
Seorang bocah Maroko lahir tanpa wajah tiga tahun lalu kini berkesempatan bisa hidup normal. Dia mendapatkan bantuan dari seorang dokter bedah yang pernah berhasil memisahkan kembar siam tersohor dari Bangladesh, Trishna dan Krishna.
 
Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (29/9), Yahya El Jabaly lahir dengan lubang besar di wajahnya. Hidungnya hanya setengah cuping, tak ada mata, serta rahang atas naik. Saat mengandung ibu Yahya mengalami komplikasi dalam rahim yang berpengaruh pada tulang-tulang tengkorak bocah itu.

Meski lahir dengan kondisi kesehatan langka Yahya berhasil bertahan dan tumbuh bahagia lewat dukungan orang tuanya. Namun secara sosial masih banyak orang belum bisa berteman dengannya. Wajah Yahya kerap ditutupi jika bepergian. Lantaran tak punya langit-langit mulut Yahya tak bisa bicara. Dia hanya menggeram.

Dunia tahu kondisi Yahya setelah teman dekat ayah dia mengunggah foto bocah itu di situs jejaring sosial Facebook. Dalam pesannya kerabat ayah Yahya memohon pada dokter dan spesialis medis agar bisa membantu Yahya memperbaiki wajahnya supaya bisa hidup normal.

Unggahan itu dibaca oleh Fatimah Baraka. Seorang warga Kota Melbourne, Australia namun lahir di Maroko. "Saya mantan penderita kanker payudara dan memahami betul artinya terserang penyakit berat. Saya mencintai bocah ini," ujar Baraka.

Dia pun menghubungi ayah Yahya dan berjanji mencarikan seorang ahli bedah rekonstruksi wajah. Nama Tony Holmes pun muncul. Dia dokter terbaik berhasil memisahkan kembar siam asal Bangladesh. Yahya dan orangtuanya pun terbang ke Negeri Kangguru itu demi bertemu dengan Holmes.

Dokter Holmes setuju mengoperasi Yahya meski risikonya cukup serius. Anak itu bisa saja meninggal di meja operasi. Rencananya operasi bakal dilaksanakan Desember. "Saya tidak sedang melakukan percobaan pada dirinya. Saya ingin dia mendapatkan hasil yang baik," ujar Holmes.

Sumber : Merdeka.com
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kisah Bocah Tanpa Wajah dari Maroko di blog Kabar Berita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com