Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

Kronologi Terjadinya Kebakaran Hebat Di Gedung Kosgoro

Kebakaran hebat di Jakarta pusat, gedung kosgoro

PO, -Jakarta - Kebakaran hebat di Wisma Kosgoro, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat bermula dari lantai 16. Belum diketahui apa penyebab kebakaran yang pemadamannya memakan waktu lebih dari 10 jam ini. Namun diduga akibat hubungan singkat arus listrik.

Api muncul pertama kali sekitar pukul 18.47 WIB. Karena berbagai faktor seperti kondisi medan dan cuaca, upaya pemadaman cukup sulit dilakukan. Api terus merembet ke lantai-lantai yang berada di atasnya.

Berikut kronologi kebakaran tersebut:
18.47 WIB
Api pertama kali muncul dari lantai 16. Sirine di lantai tersebut dan sekitarnya terdengar meraung-raung. Asap di dalam gedung begitu tebal hingga jarak pandang sangat terbatas.

Para karyawan setempat menyebut, tebalnya asap membuat pernafasan mereka terganggu. Mereka berlarian melalui tangga darurat.

19.30 WIB
Api merembet hingga lantai 18. Lidah api tampak menyala-nyala di ketiga lantai tersebut. Api paling besar tampak di lantai 16. Pada saat itu, lantai 18 dan 17 baru terbakar sebagian.

21.00 WIB
Si jago merah semakin buas melalap gedung yang dibangun sejak tahun 1960-an tersebut. Lantai 16-18 dipenuhi api yang menyala-nyala. Serpihan-serpihan bangunan seperti pecahan kaca, besi dan dokumen-dokumen kertas berjatuhan dari atas gedung.

23.05 WIB
Angin mulai berhembus kencang di kawasan tersebut. Akibatnya, api semakin merembet ke lantai di atasnya. Kencangnya angin membuat reruntuhan bangunan semakin banyak. Suara reruntuhan terdengar bergemuruh kuat.

23.30 WIB
Hujan deras mengguyur kawasan di sekitar Jl MH Thamrin. Namun derasnya hujan yang disertai angin kencang ini tak membuat api padam. Lalapan api justru semakin ganas dan mulai mengenai lantai di atasnya.

00.00 WIB
Puncak gedung milik Hayono Isman ini mulai terbakar. Api yang semula hanya membakar puncak gedung sisi kanan, mulai merembet hingga ke seluruh area di lantai tersebut. Sementara itu, api di lantai 16 dan 17 terlihat sudah mulai dapat dikuasai.

01.10 WIB
Dilihat dari sisi belakang bawah, api sempat terlihat terkendali. Lidah api tidak lagi menjulur ke luar gedung. Namun tak berlangsung lama, api kembali membesar

03.30 WIB
Kasudin Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Pusat, Idris Gaharina menyebut kebakaran di Wisma Kosgoro, Jl MH Thamrin, Jakpus diduga karena korsleting listrik.

05.00 WIB
Bara api masih terlihat menyala di lantai 19 dan lantai 20. Lidah api sudah tidak lagi terlihat menjulur keluar. Namun dari kejauhan tampak bayangan api masih cukup besar di puncak gedung itu.

Hingga saat ini upaya pendinginan masih terus dilakukan. Tiga lantai (16-18) yang terbakar di awal kejadian tampak sudah dapat tertangani. Kini fokus pemadaman dilakukan di dua lantai teratas (19-20) bagian belakang.


Sumber : Detik.com
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kronologi Terjadinya Kebakaran Hebat Di Gedung Kosgoro di blog Kabar Berita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com