Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

Tumpahan Minyak Petro Muba Cemari Lingkungan


BABAT TOMAN – Warga di Kelurahan Babat, Kecamatan Babat Toman, Kamis (11/12), sekitar pukul 08.00 WIB, heboh. Pasalnya, tumpahan minyak mentah berwarna hitam memenuhi dan mencemari air  di selokan dan rawa di wilayah mereka.
Mengetahu banyak minyak yang tumpah warga berbondong-bondong menampung minyak dengan gayung, ember, baskom serta drum. Diduga tumpahan minyak tersebut, berasal dari Kilang Petro Muba milik Pemkab Muba, yang hendak dicuri oleh oknum yang tak bertanggungjawab, Rabu (10/12), sekitar pukul 14.00 WIB.
Terbukti kran minyak pada kilang tersebut terlihat seperti te;ah dirusak. Akibatnya minyak mentah yang masih tertampung di dalam kilang yang sudah tidak beroperasi sejak 2008 ini  tumpah dan mencemari lingkungan sekitar. "Tumpahan minyak ini berasal dari kilang Petro Muba milik Pemkab Muba. Diduga kran kilang dirusak dan ternyata memang masih ada minyaknya," ungkap Baruddin, salah seorang warga.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Pengembangan dan Penelitian (BLHPP) Kabupaten Muba, Ir Zulfakar mengakui minyak yang tumpah itu berasal dari kilang Petro Muba. Namun jumlah tidak terlalu banyak. "Baru diketahui saat hujan turun deras tadi malam,” jelasnya.
Kabid Migas Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Muba, Jexi Levin mengatakan, pihaknya beserta BLHPP telah turun ke lapangan dan menetralisir tumpahan minyak yang mencemari lingkungan dan sangat rentan terbakar.  " Kita minta tolong Pertamina melakukan pembersihan dan memasang safety line,"  ujarnya.
Sementara, Kapolsek Babat Toman, AKP Yosep Rizal, menambahkan, pihaknya telah menerima informasi bocornya tangki penampungan minyak tersebut. "Kilang Petro Muba ini sudah tidak beroperasi lagi. Kok  masih ada minyak dalam penampungan kilang," ujarnya keheranan. (yud)


Sumber : Beritasatu
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tumpahan Minyak Petro Muba Cemari Lingkungan di blog Kabar Berita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com