Banyak
media yang bisa digunakan oleh pemilik bisnis dalam mempromosikan
bisnisnya. Iklan di media cetak, media elektronik, sampai dengan iklan
di sosial media. Saat ini sudah banyak sosial media yang menyediakan
fasilitas untuk membantu para pebisnis untuk mempromosikan bisnis
mereka, salah satunya yaitu Facebook. Lalu bagaimana sebenarnya teknik
marketing di Facebook yang benar – benar menghasilkan bagi bisnis kita?
Nah, berikut ini 9 Tips yang bisa digunakan.
1. Saat posting jangan lupakan gambar
Saat memposting sebuah konten kita tentu
akan banyak menjelaskan maksud dan isi dari konten tersebut. Panjang
lebar kita menjelaskan, tapi buruknya itu belum tentu menarik perhatian
audiens. Banyak survei yang mengatakan bahwa pengguna sosial media
seperti Facebook akan lebih menyukai sebuah gambar daripada tulisan.
Gambar dapat menampung 1000 kata yang seharusnya Anda jelaskan pada
sebuah teks. Cukup sisipkan gambar dalam teks yang tidak panjang untuk
sekedar menarik perhatian audiens. Dan setelah itu, biarkan gambar Anda
yang memainkan peranannya menjelaskan apa yang Anda maksudkan.
2. Tahu waktu terbaik untuk memposting
Untuk menarik perhatian sebuah
perkumpulan atau komunitas kita tentu harus tahu kapan dan bagaimana
mereka beraktifitas, salah satunya melalui waktu mereka berkumpul.
Begitupun saat kita hendak membuat sebuah postingan di Facebook, kita
harus tahu kapan pengguna Facebook paling banyak menggunakan dan
beraktifitas di Facebook. Ini penting untuk menarik banyak audiens ke
dalam konten yang kita posting. Kita bisa mengetahui kapan waktu terbaik
untuk memposting konten di sosial media melalui artikel ini.
3. Menarik perhatian melalui keterlibatan audiens
Sosial media memang menjadi sarana untuk
menarik perhatian banyak audiens yang belum pernah kita temui di dunia
nyata. Salah satu yang harus kita lakukan untuk lebih banyak menarik
perhatian pengguna Facebook adalah dengan menciptakan sebuah
keterlibatan penggunanya. Anda bisa mengajukan pertanyaan dalam setiap
postingan Anda, atau Andapun bisa membuat sebuah kontes yang diadakan
melalui postingan di Facebook Anda. Buatlah kalimat yang menarik dan
pastikan banyak audiens yang ikut serta dalam keterlibatan baik like,
share, comment atau yang lainnya.
4. Biarkan emosi Anda keluar
Jangan takut untuk melibatkan setiap
emosi yang Anda rasakan saat hendak memposting, entah itu perasaan
senang atau kesal. Kesal disini bukan berarti membuat Anda harus
mengeluarkan kata – kata kasar dalam postingan Anda. Kita memang harus
pintar memainkan emosi dan menciptakan kesan di Facebook. Emosi yang
tertanam dalam setiap postingan Facebook, tidak jarang akan menarik
banyak perhatian dan meningkatkan keterlibatan audiens.
5. Memudahkan audiens untuk Check-in
Salah satu yang bisa dilakukan untuk
menarik banyak audiens adalah dengan memberikan fasilitas dan kemudahan
kepada mereka. Seperti dengan memberikan fasilitas check in kepada
pelanggan atau karyawan Anda. Biarkan mereka menggunakan fitur check in
di Facebook saat mereka berada pada arena bisnis Anda. Anda bisa juga
menawarkan Wi-Fi gratis kepada pelanggan Anda, namun sebelumnya mereka
harus melakukan check in terlebih dahulu pada bisnis Anda.
6. Ada yang lebih penting dari sebuah angka
Jika tujuan Anda menggunakan Facebook
untuk berjualan dan mendapatkan banyak keuntungan maka cobalah untuk
sedikit melupakan itu. Karena tujuan kita menggunakan Facebook untuk
marketing sebenarnya bukan hanya sekedar menjual, tapi lebih kepada
menarik dan memiliki banyak orang untuk dikenal. Relasi dan network
sangat dibutuhkan oleh sebuah bisnis. Anda harus fokus mendapatkan
sebanyak mungkin pengikut yang tahu dan mengenal bisnis Anda. Setelah
itu Anda lakukan, Anda bisa sedikit demi sedikit berbisnis melalui
Facebook.
7. Jaga etika dalam bersosial media
Anda ingin memiliki banyak pengikut dan
pelanggan dari Facebook, dan salah satu yang Anda lakukan adalah dengan
memberikan mereka postingan marketing bisnis Anda dengan bertubi – tubi.
Jangan lakukan itu jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan atau
audiens Anda. Tetaplah beretikan ketika memposting konten marketing di
sosial media. Jangan terlalu berambisi dan mengganggu kenyamanan audiens
Anda. Berikan dan bagikan konten yang benar – benar mereka butuhkan
bukan apa yang Anda inginkan.
8. Jangan bingung saat audiens Anda hanya sedikit
Jika Anda tidak menggunakan Facebook
Ads, postingan Anda mungkin hanya akan memiliki pengikut dan
keterlibatan audiens yang kecil. Namun jangan khawatir, karena ini wajar
bagi pemula yang ingin menggunakan Facebook sebagai media promosi
bisnis. Anda bisa mulai dengan terus memposting konten yang berkualitas
dan benar – dibutuhkan oleh audiens Anda. Jangan sungkan untuk meminta
teman Anda untuk menyukai dan membagikan postingan yang ada.
9. Pertimbangkan untuk menggunakan Facebook Ads
Namun jika Anda memang benar – benar
ingin total mempromosikan bisnis melalui Facebook, Anda bisa menggunakan
Facebook Ads untuk mendukung promosi akun Facebook Anda. Namun setelah
menggunakan Facebook Ads pun Anda tetap harus bekerja keras untuk
mempromosikan akun Facebook melalui konten yang Anda buat. Jangan sampai
banyak yang tahu tapi konten Anda tidak memiliki keistimewaan sama
sekali.
Terima kasih telah membaca artikel tentang
9 Tips Untuk mengusai Marketing di Facebook
di blog
Kabar Berita
jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.