Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

Langkah-langkah Bayar Pajak 5 Tahun Kendaraan Bermotor SamSat Palembang

Selamat Pagi gan...
Ada yang memiliki kendaraan bermotor, saya rasa semua sudah memiliki kendaraan ya...
Oke pagi ini saya akan berbagi informasi mengenai cara membayar pajak tahunan kendaraan bermotor yaitu pajak motor untuk lima tahun.



langsung aja gan cekidot infonya :
Langkah Pertama :
Siapin dahulu sebelum berangkat ke kantor pajak terdekat yaitu BPKB Motor, STNK, Serta KTP atas nama pemilik Kendaraan Tersebut, terus siapin uang juga klo bisa bawa uang lebih karena kita tidak tahu biaya yg tak terduga disana.

Note : Jangan Lupa bawa Pulpen gan, Penting nih dari pada belikan mending klo ada bawa aja.

Langkah Kedua :
Bila sudah sampai foto copy dulu BPKB, STNK, KTP dimasukan kedalam Map yang sudah dijual belikan di Koperasi Samsat. kemudian bawa kendaraan bermotor agan ketempat Cek Fisik kendaraan, nah disini tidak dikenakan biaya sepeserpun. bila sudah selesai maka akan dapat hasil gesekan nomer mesin dan rangka kemudian lampirkan pada berkas yang sudah kita Foto Copy tadi.

Langkah ketiga :
bila sudah semua kasihkan berkas tadi pada loket pendaftaran diloket cek fisik.
lihat gambar :
Langkah keempat :
oke lanjut lagi ya...bila udah dapet Formulirnya langsung diisi gan, bila sudah selesai selanjutnya serahkan ke loket SPPKB terus isi formulirnya.

Langkah kelima :
Selanjutnya bila sudah mengisi formulir SPPKB kita diharuskan mengisi formulir juga diloket Teliti ulang 5 tahun ambil aja diatas meja kasir udah disiapin gan...selanjutnya diisi dulu gan, bila sudah selesai buru-buru serahkan ke loket teliti ulang 5 tahun.
Lihat gambar :
Langkah keenam :
Nah bila sudah langkah-langkah diatas, agan mending kekantin deh pesen kopi segelas trus sarapan dulu klo belum sarapan soalnya nungguin itu luaaaaammmaaaaa bangeeeettt gan, ane nunggu sampe 1 setengah jam gan bayangin tuh. Bila sudah ngopinya masuk lagi gan menunggu dipanggil untuk mendapatkan bukti pembayaran yang nanti dibayar pada loket tadi gan.
bila sudah dapet bukti pembayaran kita nunggu lagi gan, kurang lebih 1 jam lagi.
Lihat gambar :

Langkah ketujuh :
Kita nunggu lagi nih untuk mendapatkan STNK dan TNBK, Bila sudah dipanggil tinggal kita serahkan bukti pembayaran tadi gan, namu ada sedikit mengganjal nih, untuk TNBK kita diinformasikan  bahwa saat ini Platnya sedang tidak ada lagi menunggu batas waktu yg tidak tahu kapan, jadi nati kita dapet selembaran kertas yg intinya pengganti TNBK baru tersebut masa berlaku hanya beberapa minggu aja gan...padahal kita wajib bayar TNBK emang sih ga besar kisaran hanya 30 rb aja, tapi klo seratus motor kira-kira berapa tuh duit yang sudah diambil. tapi terserahlah saya cuma orang kecil gan mau nuntut gimana jadi ikutin aja deh.
Lihat Gambar :



30 menit gan, itu yang dibrosur...nyatanya 2 jam lebih gan..
oke gan sekian dulu tips atau langkah-langkah membayar pajak 5 tahunan kendaraan bermotor dan semoga bermamfaat.

baca juga thread lain ya gan...


Terima kasih telah membaca artikel tentang Langkah-langkah Bayar Pajak 5 Tahun Kendaraan Bermotor SamSat Palembang di blog Kabar Berita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

1 comments :

info menarik
bisa cek tagihan pajak tepat waktu nih
terima kasih ya

Balas